Sekilas Sejarah Salaf Al-Alawiyin - page 10

Naqobatul Asyrof Al-Kubro

Lembaga Pemeliharaan, Penelitian Sejarah dan Silsilah “ALAWIYIN”

TAHAP KEEMPAT


Tahap ini bermula dari abad keEmpatBelas H. hingga kini. Yakni, di dalam pasal ini kita akan berbicara tentang keadaan kita sekarang, agar dapat mem­buat perbandingan antara kita sendiri dengan perilaku dan sejarah salaf kita yang terdahulu.

Adalah sangat disayangkan bahwa tahap ini - dibanding dengan tahap-tahap sebelumnya - merupakan masa kemunduran dan kemerosotan di hampir semua bidang kehidupan. Bahkan kemunduran dan kemerosotan ini merupakan gejala umum yang menimpa seluruh dunia Islam.

Meskipun demikian, adanya perbedaan antara tahap pertama dengan tahap-tahap berikutnya memang benar-benar terasa. Makin jauh kereta sejarah berjalan, makin jauh kemunduran dan kemerosotan itu terasa, makin surut sinar keagung­an Alawiyin dan makin tenggelam ke dasar.

Keadaan demikian ini merupakan kebalikan bagi bangsa-bangsa yang 'hidup', yang makin lama makin maju (14)

Diagnosa dan Pengobatan


Faktor utama yang menyebabkan kemunduran itu adalah tidak adanya pendidikan yang benar dan tepat. Salaf kita dahulu adalah orang-orang yang amat ahli dalam bidang ini. Melalui jalur itu, mereka mengarahkan putra-putra mereka sesuai dengan apa yang mereka rencanakan dan mereka kehendaki, untuk rnemuaskan hati mereka. Per­guruan tinggi dan fakultas kaum Alawiyin adalah alam terbuka dan lingkungan hidup itu sendiri.

Adalah keliru apabila kita beranggapan bahwa lingkungan kita, sekolah-sekolah kita, majlis-majlis ta'lim kita sekarang merupakan sarana pendidikan yang di dalamnya disalurkan ajaran-ajaran seperti yang dahulu diajarkan oleh salaf kepada putra-­putra mereka. Bahkan kenyataan yang kita lihat adalah kebalikan dari apa yang dahulu dikerjakan oleh para salaf itu.

Kemerosotan akhlak di kalangan sementara Alawiyin telah mencapai derajat terendah, demiki­an pula surutnya ilmu pengetahuan, di samping tersebarnya penyakit-penyakit sosial.

Alhasil, kini kita sedang mengalami kemundur­an yang mengerikan, padahal jalan untuk meng­atasi semua itu adalah jelas, yaitu, kembali mengikuti cara hidup para salaf dalam ilmu, akhlak dan amal, sehingga semua tindakan yang kita lakukan sesuai dengan status kita di tengah masyarakat. Demikian pula halnya dengan kaum Muslimin secara keseluruhan. Sebab, "akhir umat ini tidak akan menjadi baik melainkan dengan cara-cara yang dahulu memperbaiki pendahulunya ", demi­kian ditegaskan oleh pemimpin besar umat ini, Rasul Allah saw.

Marilah kita usahakan. Dan Allah akan senan­tiasa menolong mereka yang membela dan me­negakkan ajaran-Nya.

PENUTUP



Demikianlah ceramah yang kami sampaikan di tempat yang penuh berkah, yaitu rumah kediaman Al Faqih AlMuqaddam di Tarim, pada saat yang penuh berkah, yaitu dasawarsa keTujuh dari abad keEmpatBelas Hijrah, dengan susunan yang diber­kahi. Insya-Allah. Kami haturkan kepada siapa yang bersedia menerbitkannya dengan beberapa catatan tambahan seperlunya.

Hanya kepada Allah kami bersandar dan ber­serah diri, serta mohon taufik demi mencapai kebenaran.


DAFTAR KEPUSTAKAAN


Nama Kitab / Pengarang



1. Aljauhar Assyaffaf fi Managib Assadah Al- Asyraf (Manuskrip) : Abdurrahman Al Khatib

2. Ghurar Albaha Addhawi fi Manaqib Assadah Bani Alawi (Manuskrip) : Muhammad Ali Kherid

3. Atthiraz Almu'lam - Assilsilah Al-A'idarusiyah (Manuskrip) : Syekh bin Abdullah AI-A'idarus


4. Catatan-Catatan Penceramah
(Manuskrip) : Muhammad Ahmad Assyatthiri


5. Almasyra' Arrawiy fi Manaqib Assadah Al-kiram Bani Alawiy : Muhammad Abuba­kar Syilliy

6. Syarhul Ainiyah : Ahmad bin Zen AlHabsyi


7. Majalah
Arrabithah Al-Alawiyah : Ahmad Abdullah As­saqaf